Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

hb

Pada hari ini Rabu, 15 Januari 2020 bertempat di rumah ibu Tunirah telah berlangsung Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) bulan Januari. Pertemuan ini di hadiri oleh pendamping sosial PKH dan seluruh anggota kelompok Mojo 6 yang berjumlah 26 orang KPM. Pada pertemuan kali ini Mufikhoh selaku pendamping menyampaikan berkaitan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Pengecekan kategori KPM guna persiapan pemutakhiran data tahap kedua. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa data peserta tersebut sudah sesuai dengan yang ada di lapangan.

Sedangkan untuk desa Kedondong, Romdhonah Sri Sapto Rini selaku pendamping melakukan graduasi kepada dua anggota PKH Desa Kedondong bernama ibu Yumrotun dan ibu Siti Sholekah dikarenakan merasa cukup secara finansial. Ibu Yumrotun membuka toko kelontong sejak pertengahan 2019 dan suaminya memiliki usaha perbaikan elektronik dan sound system sedangkan ibu Siti Sholekah bekerja sebagai pedagang sayur keliling dan membuka warung kecil-kecilan di rumah.Pendamping juga mengingatkan kepada peserta untuk tetap siaga dan waspada akan terjadinya bencana mengingat saat ini masih dalam musim penghujan dan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Selain itu, pendamping juga mengajarkan kepada KPM PKH untuk membudidayakan tanaman dari bahan dapur seperti Lombok, tomat, kunyit, terong dan lainnya sehingga jika dibutuhkan mereka bisa memetik dan lebih ekonomis karena KPM diajarkan materi ekonomi dengan tema mengelola keuangan keluarga. Diharapkan dengan adanya materi FDS (Family Development Session) memberikan pengetahuan kepada KPM untuk lebih cerdas mengelola pendapatan mereka sehari-hari dan bisa menata perekonomian mereka kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *