Prosedur layanan Prima Pelayanan KB kepada Akseptor meliputi Pra sampai dengan Pasca Pelayanan. Pra pelayanan melalui KIE Komunikasi, Informasi dan Edukasi terkait program KB hingga keputusan Akseptor dalam memilih alat kontrasepsi yang diinginkan. Demikian pula, Pasca Pelayanan juga diberikan pelayanan berupa Kunjungan rumah Akseptor, guna mengetahui kualitas pelayanan pasca pelayanan KB serta media pantauan kesehatan Akseptor secara langsung.
Kamis, 10 September 2020, sebagai Penyuluh KB Desa Bina, Muhammad Saiful Huda, melakukan kunjungan rumah kepada Akseptor Baru KB Inplan atas nama Aas Aisyatul Ulya, warga Desa Sambung RT.01 RW.01. Dalam kunjungan tersebut dapat dilaporkan bahwa Akseptor dalam keadaan baik, sehat tanpa kendala pasca pelayanan KB. Akseptor juga menyatakan kepuasannya mendapatkan pelayanan KB terbukti tanpa merasakan sakit, baik saat dilayani maupun pasca pelayanan.
Dari kunjungan rumah pasca pelayanan ini, diharapkan terjadi komunikasi aktif antara Penyuluh KB desa bina dengan Akseptor KB sehingga dapat diketahui secara langsung keluhan Akseptor bilamana terdapat keluhan, sehingga dapat segera dicarikan solusi terbaik dalam pemecahan persoalan yang timbul di lapangan.
Kontributor :
Muhammad Saiful Huda, S.E.I
Penyuluh KB Ahli Muda
Balai Penyuluh KB Kecamatan Gajah.